AVR studio 4 Untuk AVR Microcontroller

 AVR studio 4 merupakan software free yang bisa anda download di internet melalui websitenya www.atmel.com. Software ini bisa anda gunakan untuk menuliskan program bahasa assembly, mensimulasi program yang anda buat dan kemudian mendebug program sehingga menghasilkan file dengan ekstensi .hex yang bisa anda download kedalam IC mikrokontroller anda.
Untuk pertama kalinya anda harus menginstal dulu AVR Studio 4 ini ke komputer anda, cara menginstalnya pun mudah layaknya anda menginstal software komputer yang lain. Gambar dibawah adalah gambar tampilan utama dari AVR Studio saat pertama kali anda jalankan.
Tampilan utama tersebut belum aktif  karena secara otomatis pada saat pertama kali anda menjalankan AVR Studio 4 yang pertama kali muncul adalah Sebuah Window Setup Wizardyang akan menuntun anda untuk mebuat sebuah proyek baru atau membuka proyek  yang pernah anda simpan sebelumnya. Berikut adalah tampilan Window Setup Wizard
Anda bisa klik cancel apabila tidak menginginkan gambar diatas muncul.
Menu AVR Studio 4
Pada AVR Studio 4 jika anda perhatikan mempunyai 4 menu yang meliputi FileEditDebug,ViewWindow dan Help. Tetapi jika baru saja anda buka dan anda temukan tampilan utama AVR Studio 4 dan belum ada proyek yang dibuka maka menu yang tampil adalah : File,ProjectViewToolsDebug, dan Help.
Menu – menu diatas merupakan tool yang kita perlukan untuk membangun aplikasi yang menggunakan AVR microcontroller.
Membuat Sebuah Project
Beberapa langkah yang dilakukan untuk membuat sebuah project baru:
  • Click New Project ketika anda pertama kali membuka aplikasi AVR Studio 4 dan jendelaWindow Setup Wizard ditampilkan.
  • Kemudian anda beri nama project baru tersebut.
  • Berikan tanda Check pada Create Initial File
  • Tentukan lokasi folder tempat anda menyimpan kemudian click Next

  • Pilih platform debug yang anda gunakan, Jika tidak menggunakan perangkat emulator anda bisa memilih AVR Simulator, selanjutnya pilih tipe mikrokontroler AVR yang anda gunakan
  • Kemudian click Finish, pada layar monitor akan tampil layar editor untuk menuliskan program assembler anda 

Setelah anda selesai menuliskan sebuah program kedalam editor diatas maka anda bisa menyimpannya dengan cara klik File kemudian pilih Save atau anda langsung bisa memilih icon Save langsung.
Simulasi Menggunakan AVR Studio 4
Pada AVR Studio 4 sudah difasilitasi dengan program untuk melakukan simulasi terhadap proyek yang sedang anda buat, sehingga kegiatan programming menjadi menyenangkan walaupun anda memprogram dengan bahasa assembler dan bukan dalam bahasa C.

Pada saat simulasi ini anda bisa merasakan seolah – olah anda sedang menjalankan hardware yang sebenarnya, karena pada simulasi ini selain anda bisa mengamati perubahan keadaan (nilai) pada sebuah register anda juga bisa memberi stimulus / memberi perubahan keadaan pada pin input yang selanjutnya anda bisa langsung mengamti perubahan output yang terjadi.
Pertama yang harus anda lakukan saat melakukan simulasi adalah anda harus mengcompile dahulu program yang anda buat, setalah diketahui bahwa hasil compile tidak ada error maka anda bisa langsung melakukan proses simulasi dengan cara click Debug, kemudian pilih AVR Simulator Option untuk mengatur seting simulator pada AVR Studio 4 Seperti ditunjukkan pada gambar diatas. Anda bisa memilih tipe mikrokontroler yang anda gunakan  disertai clock yang dipakai seperti ditunjukkan pada gambar berikut.

Pada window Simulator Option ini ada dua bagian utama yaitu Device Selection dan Stimuli and Logging . Untuk bagian Stimuli and Logging anda bisa memilih stimuli jika ingin memberikan input dari input file dan anda bisa memilih Logging jika ingin menyimpan pengambilan data dalam bentuk file.
Pada saat simulasi anda bisa memberikan inputan dan juga melihat kondisi output pada Sub Tab menu I/O View pada jendela workspace. Pada I/O View tersebut anda bisa mengklik kotak berwarna putih/hitam untuk merubah nilai bit sesuai yang anda inginkan pada kolom bit tersebut, sedangkan kotak dengan warna abu-abu merupakan bit yang tidak bisa dirubah nilainya.
Beberapa bagian yang bisa diamati saat melakukan proses simulasi adalah :
  • Isi Register (R0 sampai R15, R16 sampai R31)
  • Processor (PC = Program Counter, Stack Pointer, Cycle Pointer, Y-Register, X-Register, Z-register, Frequency, Stop Watch)
  • Stack Monitor (Program Stack dan Data Stack)
  • I/O AVR (AD_CONVERTER, ANALOG_COMPARATOR, CPU, EEPROM, EXTERNAL INTRRUPT, PORTA, PORTB, PORTC, PORTD, SPI, TIMER_COUNTER_0, TIMER_COUNTER_1, TIMER_COUNTER_2, TWI, USART, WATCHDOG)



WINAVR dapat di download di :

http://sourceforge.net/projects/winavr/files/

Setelah menginstal winavr di pc kita, selanjutnya kita harus menginstall avrstudio sebagai editor atau programmer pada chip kita.

"saat posting ini di terbitkan avrstudio sudah tersedia dalam versi 5beta"

Artikel yang berkaitan



Tinggalkan komentar Anda

    Category

    Langganan post

    All About Microcontroller

    Masukan alamat email Anda :

    Diberdayakan oleh FeedBurner

    HOT Review

    Interaksi Arduino dan LabVIEW

    Pengikut

    Labels