Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Programmer ISP menggunakan Port Serial

Keberadaan port parallel semakin lama akan semakin berkurang, apalagi pada sebuah notebook, yang hanya memiliki port USB. Pemrograman mikrokontroller dengan menggunakan port serial masih sangat dimungkinkan sekali, karena telah dijual bebas converter USB to Serial, sehingga dapat digunakan untuk keperluan pemrograman dengan menggunakan rangkaian ini.
Gambar 1. Rangkaian programmer ISP 89sxxx ( dari 8052.com )


Langkah-langkah penggunaan program ISP Prog. V1.4
1.Buatlah rangkaian sesuai dengan gambar tersebut diatas, lakukan pengisian pada mikrokontroller AT89s2051, dengan file FirmWare v.1.4.HEX. dengan menggunakan programmer lain, anda dapat menggunakan programmer secara parallel.
2.Buatlah shorcut file ISP Prog V1.4 dengan gambar seperti yang ditunjukkan pada gambar tersebut dibawah.
3. Klik dua kali pada shortcut tersebut diatas, maka akan keluar display windows, sebagaimana yang ditunjukkan pada gambar. Pada gambar tersebut tampak terdapat tiga buah menu utama: File, Option dan Help. Menu file digunakan untuk mengambil data yang akan diisikan pada IC mikrokontroller. Menu Option digunakan untuk pemilihan setting COM yang akan digunakan (bila anda menggunakan Converter USB to Serial pastikan menempati antara COM1 sampaia dengan COM8, rubahlah melalui sistem di control panel). Device digunakan untuk pemilihan tipe IC yang akan digunakan 89s51, 89s52, 89s8252 dan 89s89s53.
4. Setelah melakukan setting dan pemilihan device, maka programmer siap untuk melakukan proses pemrogramman.dengan langkah-langkah sebagai berikut:
a. Pilih menu CHIP ERASE dan tekan tombol RUN, perhatikan LED pada rangkaian programmer, pada proses penghapusan, LED dalam keadaan nyala, tunggulah sampai dalam keadaan mati.
b. Pilihlah menu WRITE FLASH, dan load data HEX yang akan diisikan pada mikrokontroller, melalui menu utama File - Load Flash File.Tekan tombol RUN apabila data telah di Load. Pada saat proses pengisian maka anda akan melihat status bar berjalan mulai dari 0 % sampai dengan 100 %.
c. Lakukan langkah-langkah a s/d b, setiap akan melakukan proses pemrogramman pada ic mikrokontroller.

Posting Komentar untuk "Programmer ISP menggunakan Port Serial"

Profit Blogger
INCOME BLOGGER