Sistem Minimun Mikrokontroler AT89S52

mikro
Walaupun dikatakan sebagai sebuah komponen lengkap dan kompak,  mikrokontroler tetap saja membutuhkan rangkaian pendukung agar mikrokontroler dapat bekerja. Rangakaian minimun yang dibutuhkan oleh mikrokontroler ini kemudian dikenal sebagai sistem minimum (sismin) mikrokontroler.

Sismin mikrokontroler dirancang untuk memenuhi kebutuhan karakteristik mikrokontroler. Kebutuhan karakteristik ini ditentukan oleh pabrikan mikrokontroler tersebut dan dapat kita baca pada datasheet, oleh karena itu sismin mikrokontroler berbeda beda tergantung merk dan jenis dari mikrokontroler tersebut, walaupun biasanya perbedaan anatara satu tipe dengan tipe lainnya tidak terlalu jauh. Dalam tulisan ini akan dibahas tentang sistem minimum mikrokontroler keluaran atmel tipe AT89S52.
Ada beberapa blok dasar yang harus ada pada sismin mikrokontroler AT89S52 yaitu :
  1. Blok mikrokontroler
  2. Blok catu daya
  3. Blok clock
  4. Blok reset
Blok mikrokontroler adalah blok untuk memasang mikrokontroler itu sendiri. Pada seri AT89S52 di port 0 harus dipasang resistor pullup sebesar 10 K ohm.
Sebagai sebuah komponen elektronika maka mikrokontroler pasti memerlukan blok catu daya sebagai rangakaian penyuplai energi. Rangkaian blok catu daya sendiri tidak bersifat baku, melainkan tergantung dari sumber catuan yang tersedia.
Mikrokontroler AT89s52 membutuhkan catuan arus searah (DC) sebesar 4.0Volt sampai 5.5 Volt. Maka rangkaian catu daya yang di hubungkan pada mikrokontroler harus dapat memenuhi kriteria tersebut.
catu daya
Blok clock sendiri menentukan kecepatan akses dari mikrokontroler, semakin besar frekuensi clock yang digunakan, amaka semakin cepat mikrokontroler mengeksekusi intruksi-instruksi yang dijalankan.
clock
Blok reset sendiri berfungsi untuk mereset mikrokontroler.
reset
Sumber : datasheet mikrokontroler AT89S52

Artikel yang berkaitan



Tinggalkan komentar Anda

    Category

    Langganan post

    All About Microcontroller

    Masukan alamat email Anda :

    Diberdayakan oleh FeedBurner

    HOT Review

    Interaksi Arduino dan LabVIEW

    Pengikut

    Labels