Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

AVR Programmer serial RS232

Tentang Programmer AVR

AVR ini sederhana Programmer akan memungkinkan Anda untuk mentransfer tanpa rasa sakit program hex ke mikrokontroler AVR ATMEL paling tanpa mengorbankan anggaran dan waktu. Hal ini lebih dapat diandalkan daripada kebanyakan programmer AVR lainnya sederhana tersedia di luar sana dan dapat dibangun dalam jumlah yang sangat singkat.
programmer AVR terdiri dari programmer serial di-sirkuit (dongle) dan PCB kecil dengan soket DIP di mana Anda dapat sesuai mikrokontroler Anda dan memilikinya cepat diprogram.
Anda juga dapat menggunakan programmer ini sebagai berdiri sendiri di-circuit serial programmer yang dapat digunakan untuk mudah program mikrokontroler AVR tanpa menghapusnya dari sirkuit target.
Seluruh programmer AVR telah membangun dengan menggunakan bagian-bagian umum dan cocok dalam kasus konektor serial. The PCB soket telah dibuat untuk cocok dengan mikrokontroler AVR ATmega8 28-DIP, tapi Anda dapat membangun sebuah PCB soket untuk setiap mikrokontroler AVR lain di luar sana. Ini programmer AVR ini kompatibel dengan perangkat lunak PonyProg populer yang menunjukkan status bar kemajuan pemrograman.


AVR In-Circuit Serial Programmer






AVR Programmer PCB (depan) dengan 9-PIN konektor serial RS232 perempuan.



AVR Programmer PCB (kembali)



Fitting AVR Programmer PCB dalam kasus serial RS232.



Selesai AVR Programmer dengan standar 6-PIN konektor ICSP.


PCB AVR Socket

 
Socket PCB memiliki jumlah sangat minim komponen dan digunakan untuk pemrograman mikrokontroler AVR yang diinginkan Anda di luar sirkuit target Anda.

Socket PCB dengan mikrokontroler AVR 28-DIP ATmega8.


Ada dua koneksi; ICSP yang menghubungkan ke AVR Programmer, dan eksternal +5 V supply.

Socket PCB terdiri dari PCB, soket 28-DIP, resonator kristal 4MHz, atau kristal dengan dua 22pF kapasitor decoupling, dan dua konektor header. Dua-PIN konektor pasokan tegangan +5 V untuk mikrokontroler AVR, dan 6-PIN ICSP terhubung ke dongle Programmer AVR.

Menyediakan mikrokontroler dengan eksternal tegangan +5 V sebagai lawan untuk mengambil secara langsung dari koneksi port serial komputer memastikan bahwa chip menerima persis tegangan +5 V dan memberikan kesalahan pemrograman yang sangat handal gratis.


Socket PCB untuk mikrokontroler AVR 28-DIP ATmega8.
+5 V supply tegangan untuk chip AVR dapat diberikan dari power supply eksternal atau bahkan lebih baik - langsung dari koneksi USB.


PonyProg

 
Untuk dapat mengirim file hex dari komputer ke mikrokontroler AVR Anda perlu men-download dan menginstalPonyProg2000 . Setelah instalasi, hal pertama yang Anda perlu lakukan adalah mengkonfigurasi PonyProg untuk bekerja dengan kami AVR Programmer. Untuk melakukan ini, pergi ke Setup "menu" dan pilih "Setup Interface". Jendela berikut akan ditampilkan dan area yang disorot menunjukkan dengan tepat opsi yang harus dipilih. 


Pada langkah berikutnya pilih "AVR micro" dan jenis mikrokontroler Anda bahwa Anda akan pemrograman (ex. ATmega8).

Pada konfigurasi PonyProg titik selesai dan kita dapat membuka program hex dengan mikrokontroler AVR yang akan menyala. Buka menu "File", pilih "Buka Program (FLASH) ...", File dan arahkan ke file hex untuk membukanya. Anda harus melihat angka hex seperti yang ditunjukkan pada layar di bawah ini. Jika Anda belum tersambung dongle AVR Programmer ke port serial komputer Anda belum, maka sekarang adalah waktu. Pastikan bahwa AVR Programmer secara fisik terhubung ke mikrokontroler AVR Anda melalui Socket PCB atau melalui konektor ICSP 6-PIN. Terakhir, klik pada ikon disorot "Write Memory Program (FLASH)", atau pergi ke menu "Command" dan pilih "Write Program (FLASH)".


Klik pada tombol "Ya" untuk mengkonfirmasi pemrograman.
 
Sekarang duduk ketat, santai dan menonton kemajuan pemrograman pada status bar. PonyProg akan program mikrokontroler AVR dan memverifikasi apakah file hex dipindahkan tanpa kesalahan. Untuk informasi Anda proses ini tidak harus benar-benar mengambil lebih dari 10 sampai 30 detik. Hal ini tergantung pada ukuran program yang Anda mencoba untuk flash.
  

Setelah program selesai "Menulis sukses" jendela akan ditampilkan membiarkan Anda tahu bahwa mikrokontroler AVR telah diprogram, dan sekarang siap untuk digunakan.
 

1 komentar untuk "AVR Programmer serial RS232"

  1. nice post :) , btw kunjungi balik yaa :D http://yosmantri.student.ipb.ac.id/2013/11/20/5-bacaan-wajib-seorang-programmer thanks :D

    BalasHapus
Profit Blogger
INCOME BLOGGER