Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Saklar Sentuh (Touch Switch)


Gambar Skema 220VAC Touch Switch
Saklar adalah benda yang sudah tidak asing lagi bagi kehidupan sehari-hari kita. hapir di semua barang elektronik yang ada disekitar kita pasti menggunakan saklar atau dengan bahasa inggrisnya Switch. Di dinding rumah kita pun pasti juga ada saklar untuk menghidupkan lampu. Fungsi dasar dari saklar adalah untuk menyambung dan memutus arus yang masuk ke suatu perangkat listrik. Seiring dengan perkembang teknologi, saklar juga berevolusi menjadi beberapa model fisik. Jika dulu saklar yang kita kenal hanya model "Tik Tok", sekarang saklar dapat berbentuk digital, contohnya keypad Telephone. ada juga yang berbentuk Dimmer yaitu saklar yang dapat di atur besar kecilnya arus dengan cara memutar tombolnya.
Yang paling muktahir namun orang jarang menggunakannya adalah Saklar Sentuh (Touch Switch). lalu apa keistimewaan Saklar sentuh ini?
Kita jangan beranggapan saklar sentuh ini fungsinya sama sepeti saklar biasa yang hanya dapat menyalakan/mematikan lampu dirumah kita. Namun saklar sentuh ini fungsinya harus lebih kita optimalkan. salah satunya dengan menjadikan saklar sentuh ini sebagai Modul pengaman di rumah kita. Kenapa bisa demikian? karena kerja saklar sentuh adalah dengan cara menyentuh bahan konduktor (plat, paku, baut, dll) yang sudah kita hubungkan dengan modul touch switch. Dengan memanfaatkan "sentuhan" tersebut kita dapat membuat beberapa Logika Keamanan. Diantaranya:
  1. Saat gagang pintu disentuh oleh orang yang tidak bertanggung jawab maka modul akan mengaktifkan Alat Pengaman
  2. kita pasang kawat jebakan sepanjang jalur terlarang pada gudang, maka saat kawat tersentuh akan menyalakan Alat pengaman
  3. untuk pemilik rumah sendiri, dapat mengunci pintu secara elektronik dengan tombol sentuh
yang perlu di ingat, logam yang kita sentuh berhubungan dengan modul. jadi bukan langsung berhubungan dengan sumber listrik 220VAC. sehingga saat di sentuh tidak akan membahayakan tubuh. berkut ini adalah salah satu rangkaian saklar sentuh yang kami copy dari website www.discovercircuits.com atau untuk URL yang lebih lengkap:

Posting Komentar untuk "Saklar Sentuh (Touch Switch)"

Profit Blogger
INCOME BLOGGER