Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

ARDUINO, apakah itu??



Bagi teman-teman semua, khususnya bagi teman-teman yang berkecimpung di dunia elektronika atau sekedar hobi elektronika, tentunya sudah tidak asing lagi dengan logo disamping. Yup benar, itu adalah logo dari ARDUINO. Mungkin sudah banyak yang tahu apa itu arduino dan bagaimana arduino itu bekerja. Bagi yang belum tahu atau cuma sekedar pernah mendengar kata arduino itu, mungkin artikel ini akan membantu untuk sedikit menjelaskan apa itu arduino. Nah, bagi yang sudah tahu apa itu arduino bisa menambahkan apa yang kurang mengingat disini say juga masih dalam belajar.

Seperti yang ada pada wikipedia, ARDUINO merupakan single board hardware yang open-source dan juga softwarenya pun dapat kita nikmati secara opensource juga. Disisi software arduino dapat dijalankan di multiplatform, yaitu linux, windows, atau juga mac. Menarik bukan?

Hardware arduino merupakan mikrokontroller yang berbasiskan AVR dari ATMEL yang didalamnya sudah diberi bootloader (bagi yang belum tahu apa itu bootloader akan saya posting di lain kesempatan) dan juga sudah terdapat standart pin I/Onya.

Arduino sendiri awal mulanya dikembangkan di ivrea (italy) dengan alasan ingin membuat hardware yang murah dan dengan pemrograman yang mudah, maka dimulailah project yang dinamakan dengan arduino. Sampai saat ini telah banyak sekali arduino baik yang genuine maupun yang clone telah beredar di seluruh dunia. Tidak ada salahnya mencoba sesuatu yang baru.

Berikut adalah video dokumentasi arduino :


jika ingin download video tersebut langsung aja kesini:
http://archive.org/details/Arduino.TheDocumentary.English 

Posting Komentar untuk "ARDUINO, apakah itu??"

Profit Blogger
INCOME BLOGGER